6 Permainan Anak-anak Generasi 90an ini Bikin Kamu Kangen!

Gue kali ini mau sedikit cerita tentang permainan anak-anak di generasi 90an. Permainan anak-anak yang seru abis tapi sekarang mulai banyak ditinggalkan oleh anak-anak yang lebih memilih bermain dengan gadget. Padahal permainan Generasi 90an itu gak kalah seru loh, baik itu permainan anak laki-laki maupun perempuan. Semuanya seru!

Tulisan gue ini terinspirasi dari anak-anak zaman now dengan permainan super canggih ala smartphone. Saat gue sedang duduk santai menikmati sore hari, gue liat adek-adek sepupu yang masih ingusan yang sedang asik maen smartphone. Entah alasan apa yang membuat orang tua mereka bisa memberikan HP super canggih kayak gitu di usia yang masih terlalu kecil (Masih SD). Ya, mungkin biar keliatan keren dan gaul kali ya. Entahlah.

Hmm... Gue aja sama anak-anak ingusan zaman sekarang kalah telak masalah teknologi. Hiks.

[Baca Juga: Smartphone Pertama]

Gue jadi inget dengan maenan-maenan waktu gue masih kecil. Gue bersyukur banget lahir di generasi 90an karena bisa bisa menikmati permainan generasi 90an yang seru bersama temen-temen. Bisa berkumpul, ketawa bareng. Gak kayak zaman now, pertemanan hanya lewat sosmed, interaksi hanya sebuah like and komen di sosial media dan mabar mobile legend. Hehehe

Daripada kita mikirin zaman sekarang dengan kecanggihan teknologinya. Yuk reunian sama mainan generasi 90an.

Permainan Anak-anak Generasi 90an:


1. Kelereng

Masih inget gak nih dengan permainan generasi 90an yang satu ini? Dalam permainan ini lo harus jago nembak kelereng lawan. Nanti klo kelereng lawan kena ya dia bisa jadi milik lo.

Prinsipnya kaya cowok nembak cewek. Klo lo bisa nembak dengan jitu, lo bisa dapet pacar idaman lo itu.

Klo lo belum punya pengalaman? Gini aja bro, saran simpel dari gue bagi yang belum punya pengalaman nembak cewek.

Ketik REG<spasi>JOMBLO kirim deh ke nomer cewek cantik, sapa tau aja ada yang bilang lo gila. *Eh... Ini udah gak zaman lagi ya? wkwkw Yaudah gue kasih deh "Tips & Trik dapet Pacar Ala Banyol"

Permainan anak laki-laki
Kelereng merupakan permainan yang paling gue suka, kenapa? Gue paling jitu klo urusan nembak pake kelereng (Klo urusan nembak gebetan, gue apess mulu, sial!).
Gue sering menang klo lawan temen-temen gue.

Enaknya lagi klo lo udah punya banyak kelereng bisa lo perjual belikan dengan sesama teman lo. Walaupun gue jual ke temen-temen gue, besoknya udah ditangan gue lagi, gue menang lagi dan gue jual lagi. Cerdas kan gue. :D *Mungkin dari sini, skill bisnis gue mulai muncul. HAHAHA

2.  Gasing Kayu

Pasti seru maenin permanian generasi 90an yang satu ini. Maenan gasing dari kayu, terus cara mainnya: gulung bagian kepala gasing dengan tali, lalu lepaskan dengan cara ditarik di atas permukaan datar dan dibagian bawah gasing dikasih paku yang menonjol. Jadi kita gantian siapa korbannya yang akan gue serang bersama teman-teman.

Mainan Generasi 90an
Mungkin temen-temen gue dendam kesumat kali ya, karena gue terus yang sering menang klo maen kelereng. Jadi pas maen gasing ini, gue selalu kalah, dan gasing gue sering jadi korban hingga rusak karena terkena paku-paku temen gue. Dan biasanya klo udah gini gue langsung lari minta dibikinin lagi. Gimana udah punya muncul kenangan-kenangan itu? Klo belum yuk lanjut permainan generasi 90an selanjutnya.

3. Layang-layang
Tau kan layang-layang itu apa? Klo gak tau, ada lagunya nih yang sangat populer.

Ehemm.. ehemm,, cek sound cek sound..

Kuambil bulu sebatang...
Kupotong sama panjang..
Kuraut dan kutimbang dengan benang..
Kujadikan layang-layang...

Terus untuk anak zaman sekarang, telah terjadi perubahan kata di lagu tadi. Masih dengan nada layang-layang ya... chekidot..

Kuambil tongsis sebatang
Kutarik panjang-panjang
Kuangkat dan kufoto ulang-ulang
Foto selfie sama yayang (Dilarang kesindir yang jomblo! :D)

Ehhh malah nyanyi lagi.
Menurut gue ini nih permainan anak-anak generasi 90an yang laki banget. Why? karena dituntut skill tinggi memainkannya. Hehehe

Biasanya gue maen disawah sama temen-temen. Serunya lagi klo kita lagi maen saling gesek-gesekan, jadi biasanya klo gak punya gue yang putus ya punya temen gue. *Klo baru putus sama pacar, jangan baper gitu ah!

Disini juga melatih olahraga dalam bidang lari. Lho? Apa hubungannya?
Begini, klo punya lo putus atau punya sapa aja yang putus, itu udah jadi barang orang lain, jadi lo harus kejer layangan putus itu, biar gak diambil temen lo yang lain, jadi lo harus punya kaki seribu biar bisa lari kebut. Hhehe
Permainan anak laki-laki
“Oiii layangan putus!!” Seru temen gue.
Itu sih teriakan-teriakan yang biasa banget bagi anak-anak desa gue klo ada layangan putus.

Biasanya ada perompak layangan, yang sengaja menunggu layangan putus. Mungkin karena gak punya uang kali ya.
Tapi masalahnya, layangan putus itu seringnya masuk ke halaman orang lain, atau nyangkut di pohon, bahkan tiang listrik (Alhamdulilah tempat gue udah ada listrik).

Nah, kita harus berlari sekencang mungkin untuk dapetin layangan kita yang putus tadi. Klo gak punya skill lari yang cepet, bisa-bisa layangan kita dirampas sama perompak layangan. Gimana? Permainan anak laki-laki banget bukan yang satu ini? Hehehe


4. Bola Bekel (Permainan Anak-anak Perempuan)

Ini nih mainan generasi 90an untuk perempuan yang legend banget. Untuk main bola bekel ini, biasanya pemain membolak-balik sesuatu yang terbuat dari keong kayaknya (Gue kan cowok, jadi gak tau namanya). Tapi bolanya jangan sampai menyentuh lantai lebih dari satu kali. Ini permainan yang sangat disukai para kembang desa. Udah segini aja penjelasannya, nanti klo kebanyakan dikira gue juga suka main. Gue kan cowok! :D
Permainan Anak-anak Perempuan


5. PSP ala anak 90an alias Gimbot

Ini adalah mainan generasi 90an paling favorit bersama temen-temen. Untung dulu ada saudara yang pulang dari kota bawa gimbot, terus waktu balik lagi kekota, gimbotnya ketinggalan. Yaudah langsung pasti hak milik pindah tangan ke gue. Klo gak ada kejadian itu mungkin gue gak punya maenan paling seru itu (Jangan ada yang mikir gue sembunyiin waktu saudara gue mau pulang kekota ya! Ini alami begitu aja terjadi :D)
gimbot, mainan generasi 90an
Gimbot yang umum beredar di pasaran biasanya sih berbentuk persegi panjang gitu dengan beberapa tombol untuk dipencet dengan jempol, layar sentuh belum ada bro! Trus game yang ada cuma 2 atau 3 game aja. Nggak kayak PSP atau game zaman sekarang yang bisa nyimpan sampai ratusan game.

Nah di Gimbot ini, game yang ada biasanya si Tetris. Buat yang nggak tau apa itu Tetris? “Masa kecil kalian kurang bahagia”. Dan klo yang tau game Tetris itu apa “Pasti kita seumuran” Intinya ini mainan generasi 90an paling favorit deh. :D

[Baca Juga: 3 Hero Paling Kuat dan Mematikan di Mobile Legends!]

6. Karet Gelang

Entah ini mainan generasi 90an untuk para lelaki atau perempuan. Mungkin juga bisa keduanya. Hehe

Gue masih inget banget karet gelang warna merah yang dimaenin. Ntah kenapa komoditas karet warna merah, padahal pada saat itu ada karet gelang warna kuning, ijo dan lain-lain. Ini masih menjadi misteri gue sampe saat ini. Klo ada yang tau tolong banget pencerahannya ya? :D
gambar permainan anak-anak
Permainan generasi 90an yang satu ini biasanya dimainkan saling untuk menembak. Mirip sama kelereng tadi sobat. Jadi umpannya kita taro pada ranting yang ditancapkan ditanah, dan bergantian untuk saling menembak. Klo dapet kena, sudah tentu hak milik karet itu menjadi milik lo.

Yang gue ceritakan tadi permainan anak laki-laki, klo untuk permainan anak perempuan biasanya antar karet saling disambung agar panjang, lalu dimainkan untuk saling meloncat dengan sistem point gitu. Permainan ini juga seperti olahraga lho.Karena melatih tubuh untuk selalu bergerak, kadang gue juga ikutan maen. Hehehe

* * *
Hmm... Apalagi ya permainan anak-anak di generasi 90an? Klo ada tambahan silahkan komen di bawah ini ya. Terimakasih!


- - -
source picture:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/03/25/o4l9cx284-bermain-kelereng-sambil-belajar-matematika
http://nouvo-craft.blogspot.co.id/2012/09/gasing-kayu.html
https://ahmadmuhaiminalfarisy.wordpress.com/2014/06/22/layang-layang-sebuah-cerita-sebuah-memori/
https://www.tokopedia.com/grandia/set-bola-bekel-dan-12-pit-biji-keong-kerang-mainan-jadul-90an
http://www.globalsources.com/si/AS/Shenzhen-Cheertone/6008841449872/pdtl/Brick-Games/1059889414.htm
https://lieshadie.wordpress.com/2013/10/26/bermain-permainan-tradisional-siapa-takut/
Rifqi Banyol Silahkan berkunjung ke blog gue ya bro. Thanks supportnya! Disini bro! Banyolanesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel